==

Pengertian Hosting Dan Jenis Jenis Hosting


Pengertian Hosting adalah layanan jasa internet atau tempat penyimpanan data dan halaman website yang telah berada ditempat terpusat yang biasa disebut dengan server,dan dapat di akses melalui jaringan internet.

Adapun jenis penggunaannya beragam,tergantung kebutuhan pengguna,seperti mulai dari Hosting Web “untuk menyimpan dan aplikasi website dengan melalui port http”,FTP “untuk File Transfer”,Email “untuk pusat data Email”,sampai dengan VPN.

Hal ini dibangun melalui Server atau perangkat komputer dengan kapasitas yang besar dan handal sebagai penyimpan data (Pusat Data),yang dilengkapi dengan sistem pendingin dan sebuah perangkat yang akan mampu bekerja terus menerus hingga 24 jam dalam setiap harinya.

Selain itu Server juga dilengkapi dengan koneksi internet yang berkecepatan tinggi,agar dapat memproses semua permintaan data dari klien.

Pada awalnya,hanya sebagian orang saja atau orang-orang tertentu saja yang dapat memiliki ini,sebab terkait dengan biaya dan keahlian.

Dengan hadirnya seperti Indowebsite dalam berbagai resources yang ada sejak 2005 yang memiliki sistem yang mudah dimengerti “User Friensly”,dengan biaya yang sangat terjangkau,dan serta semakin berkembangnya dunia internet hingga saat ini,hal ini menjadi semakin mudah untuk dimiliki olwh semua orang yang membutuhkannya dengan berbagai pilihan.
Baca Juga Cara Membuat Domain Dan Hosting Gratis Selamanya

Saat ini sobat dapat memiliki dan memanfaatkannya dengan sangat mudah untuk berbagai kebutuhan,seperti Media,Pendidikan,Bisnis,Pemerintahan,Pusat data dan masih banyak lagi lainnya.

Hal ini membuat sobat dapat mengambil peran penting dalam peranan teknologi informasi.Membuat sobat dapat berkembang dalam persaingan global,dengan melalui pemanfaatan local resources dan internet yang mendunia.

Beberapa Jenis-Jenis Hosting

Sudah banyak layanan hosting yang tersedia,Mulai dari yang gratisan,hosting murah,hingga yang mahal dengan kualitas terbaik.Setiap layanan jelas memiliki kelebihan serta keterbatasannya masing-masing,sehingga pengguna harus menyesuaikan sesuai dengan kebutuhannya.

1. Hosting Gratisan

Seperti Rajawebhost.com yang merupakan layanan gratis sebab tidak berbayar sama sekali,namun bila ingin menggunakan layanan ini sobat akan disuguhkan dengan banyak iklan yang akan muncul pada halaman situs website sobat dan sebagian tidak memungkinkan untuk memiliki domain pribadi.

Web hosting yang gratisan ditawarkan oleh berbagai perusahaan dengan memiliki layanan yang jelas terbatas bila dibandingkan dengan hosting yang berbayar mahal.

2.Reseller Web Hosting

Hal ini memungkinkan sobat sebagai klien untuk menjadi webhost sendiri.Reseller untuk setiap domain dapat berfungsi pada kombinasi setiap tipe hosting,yang tergantung pada siapa penyedia afiliasinya.

3. Dedicated Hosting

Sobat dapat memproleh Web Server sendiri,dalam pengendalian penuh atasnya.Tipe lain dari Dedicated Hosting yaitu Self Managed atau Ummanaged Hosting.

Hal ini merupakan hostingan yang jelas tidak murah bahkan bisa dibilang paling mahal,sebab sobat akan memiliki server sendiri dan dalam server tersebut hanya memiliki satu hosting dengan domain milik sendiri.

4. Shared/Virtual Web Hosting

Situs Web yang ditempatkan pada satu server yang sama dan berbagai dengan banyak situs lain,dari ratusan hingga ribuan situs.

Dalam hal ini umumnya semua domain dapat berbagi sumber daya dari server tersebut,misalnya RAM dan CPU,dengan fitur yang cukup luas.Sebagai situs web dapat di host bersama dengan Reseller.

Hosting yang satu ini lebih banyak digunakan sebab memiliki biaya yang cukup murah.

5. Virtual Dedicated Server

Virtual Dedicated Server atau biasa disebut VPS (Virtual Private Server),tipe ini membagi sumber daya server menjadi virtual server.Sumber daya dapat dialokasikan dengan cara yang tidak langsung yang mencerminkan hardware,dimana pelanggan akan bertanggung jawab dalam hal Patching dan Pemeliharaan Server.

6. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah plat form hosting jenis baru yang terukur,kuat,dan bisa diandalkan berdasarkan keseimbangan beban pada server dan memiliki bantuan perhitungan pada tagihan.

Tipe layanan hosting ini memungkinkan sobat untuk membayar hanya apa yang telah sobat gunakan.

7. Home Server

Sebuah komputer yang ditempatkan secara pribadi ysang dapat digunakan satu hosi atau lebih dalam situs web yang berasal dari konsumen kelas koneksi broadband.

Cara yang umu dilakukan untuk dapat mencapai nama host DNS yang baik yaitu dengan membuat akun dengan layanan DNS dinamis.Layanan DNS yang dinamis otomatis akan mengubah alamat IP yang dituju oleh URL menjadi ke alamat IP ketika perubahan tersebut.

Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan Ketika Memilih Jasa Web Hosting
Ketika sobat memang menginginkan untuk memiliki website atau blog dengan hosting sendiri,maka yang harus diperhatikan ketika hendak memilih jasa web hosting yaitu :

1. Kebutuhan Space Dan Bandwidth

Fikirkan mengenai kebutuhan sobat terhadap Space dan Bandwidth.Semakin banyak tulisan yang sobat buat maka semakin besar Space yang dibutuhkan,dan semakin banyak pengunjung atau visitor di blog sobat,maka semakin besar pula bandwidth yang dibutuhkan untuk menghindari terjadinya Full Load.

2.Perhatikan Fitur dan Layanan

Perhatikan Fitur dan Layanan dari tempat yang sobat hendak untuk memasang hostingan pada blog maupun website.

Seperti bisa mencakup tentang software apa saja yang ada pada hostingannya,serta mengenai support dari jasa hostingannya.

3.Menargetkan Pembaca

Jika sobat memilih target pembaca dari dalam negeri saja,maka sebaiknya menggunakan server lokal agar lebih menghemat bandwidth.

Namun apa bila sobat ingin menargetkan pembaca secara global,maka mungkin lebih baiknya menggunakan layanan server luar negeri seperti yang ada di Amerika.

4.Harga Layanan Hosting

Sekedar saran,alangkah baiknya jika sebelumnya sobat konsultasikan dulu kepada mereka-mereka yang sudah lebih paham tentang kebutuhan hosting,hal ini disarankan agar jasa web hosting yang sobat sewa akan sesuai dengan kebutuhan Website atau Blog, dan uang yang akan sobat keluarkan.

Cara Berlangganan Web Hosting

1.Jika sobat hendak menyewa jasa web hosting,sebaiknya pertama-tama mengetahui tentang hosting mana saja yang tersedia di tempat sobat,seperti di Indonesia.Hal ini memungkinkan sobat untuk memilih sesuai keinginan.

2.Selanjutnya sobat klik bagian pesan/registrasi dari setiap halaman utama pada jasa hosting tersebut.

3.Ikuti langkah-langkahnya sesuai instruksi,seperti memilih nama domain,mengecek nama yang tersedia sesuai dengan keinginan sobat,selanjutnya selesaikan pembayaran.

4.Apa bila hosting sobat sudah Online,maka biasanya sobat akan mendapatkan Email dari penyedia jasa hosting atau bisa juga sobat langsung melakukan Chat dengan Officer yang sedang online pada halaman homepagenya.

Contoh Layanan Hosting Di Indo Website

Indo Website adalah salah satu jasa layanan hosting yang sudah besar di Indonesia,tidak diragukan lagi dengan memiliki beberapa pilihan layanan terbaru,serta memiliki banyak keunggulan dari beberapa partner pendukungnya.

Layanan Tipe Hosting Indo Website

1. Web Hosting

Cocok digunakan bagi sobat yang sekedar menginginkan Blog maupun Website sobat menjadi online.

2. Cloud Hosting

Merupakan salah satu layanan terbaru,dengan teknologi komputasi awan atau biasa lebih dikenal dengan Cloud,yang memiliki performa cepat,stabil dan tangguh.

3. Reseller

Untuk Reseller sangat cocok bagi sobat yang akan memulai sebuah usaha,sebab cocok untuk web developer yang memiliki sebuah usaha.

Partner Indo Website

1. Cloudflare Certified

Cloudflare merupakan Global CDN (Content Delivery Network) dan DNS Provider yang membuat website sobat cepat diakses dari seluruh dunia,dan serta akan melindungi website dari serangan hacker.

Dengan Dukungan dari Cloudflare maka website sobat akan di distribuikan ke berbagai server yang tersebar di seluruh dunia,agar website sobat akan tetap cepat diakses dari manapun.

2. Cloud Linux OS

Semua server pada Idowebsite telah menggunakan dukungan Cloud Linux untuk menjaga kestabilan Resource,meningkatkan mutu layanan serta kenyamanan di indo website.id.

Dengan rambahan dujungan dari Cloud Linux,maka seluruh pengguna resource akan terbagi secara merata,untuk menghindari berebut resource satu sama lain,dan demikian kestabilan akan terjaga lebih prima.

3. Cpanel Kontrol Panel

Cpanel merupakan sistem administrasi yang bisa dibilang paling banyak pemakainya diseluruh dunia.

Dengan menggunakan cPanel,sobat akan dimudahkan dalam pengelolaan seperti upload atau download file,menambahkan mysql database,melakukan penambahan/menghapus alamat email,menambah domain baru atau membuat sub domain,dan lai-lain.

4. Softaculous Auto Installer

Softaculous merupakan program pada cpanel yang akan memudahkan pengguna ketika melakukan instalasi script secara otomatis,tanpa harus mengerjakan manual dan lebih mempersingkat waktu pengguna.

Pada saat ini software ataupun Script yang dapat diinstalasi secara otomatis menggunaka Softaculous sudah tersedia lebih dari 215 script yang siap pakai dengan proses instalasi cepat,cuman memerlukan beberapa kali klik.

5. Mikrotik

Mikrotik Router OS,adalah sistem operasi yang ditugaskan sebagai network router.

Dengan Mikrotik Router OS,maka komputer sobat akan menjadi router network yang handal,dapat mencakup berbagai macam fitur yang telah dibuat untuk IP network dan jaringan warless.

6. Intel Xeon Inside

Intel jelas diketahui dan telah diakui oleh internasional sebagai salah satu produsen prosesor terbaik.

Maka dari itu seluruh komputer yang digunakan Indo Website,telah menggunakan Prosesor Intel Xeon bertenaga 8 s/d 16 core.Dengan Prosesor seperti itu maka akan memberikan tunjangan infrastruktur yang sangat kuat dan pastinya akan menyajikan kenyamanan bagi para pelanggan indo  website sendiri.
                                                                                                                                                                    Rekomendasi Artikel Hosting



BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

1 Response to "Pengertian Hosting Dan Jenis Jenis Hosting"