==

Belajar SEO Untuk Pemula : 10 Teknik Optimasi Meningkatkan Rating Web Di Google

Optimasi Seo Website adalah salah satu faktor dari banyaknya Faktor yang berperan penting dalam meningkatkan page rank.

Tutorial Optimasi SEO On Page sebenarnya sudah banyak beredar di internet,tapi untuk prakternya mungkin masih banyak yang menerapkannya secara tidak teratur atau sekedar ala kadarnya.


4 alasan dasar Optimasi SEO on page menjadi tidak maksimal :

1. Panduan yang digunakan tidak Up to date.

2. Panduan yang setengah-setengah.

3. Kebanyakan panduan Optimasi SEO masih berbahasa inggris,membuat banyak yang tidak membacanya disebabkan kendala bahasa,padahal sangat membantu.

4. Teknik yang digunakan termasuk spam.

Sekitar lebih dari 50% teknik SEO yang populer,saat ini sudah dikategorikan SPAM.Seperti article directory,linkwheel,guest book,pyramid,blog comment,blog network,web 2.0,dan masih banyak lagi.

Jika sobat masih menggunakan teknik diatas untuk meningkatkan rangking,harus dihentikan.Mungkin sekarang belum terkena pinalty,tapi akan segera mungkin.

Maka dari itu Pro Teknologi akan berbagi 


1). Gunakan Desain Yang Responsive

Desain Responsive merupakan tampilan theme yang bisa otomatis dengan perangkat “device”,yang pada umumnya dipakai oleh visitor web.

Desain yang responsive seperti ini biasa juga disebut mobile friendly.

Theme yang tidak mobile friendly biasanya terasa ketika diakses melalui perangkat mobile,tampilan yang tidak menyesuaikan perangkat mobile akan terlihat elemen website dan hurufnya menjadi lebih kecil,jadi kadang harus do zoom agar konten terlihat jelas.

Google juga sangat menyarankan untuk para penguna website,agar menggunakan theme yang responsive.kadang pada Sherp muncul tulisan peringatan jika ada halaman website yang tidak responsive atau tidak mobile friendly,biasanya tertulis “Your page is not mobile-friendly”.

Jadi sebaiknya themenya diganti saja dengan theme yang lebih mobile friendly jika masih menggunakan theme yang tidak responsive.

2). Permalink SEO Friendly

Bagi para pemain SEO kelas dunia yang menekuni SEO pasti tau,jik permalink yang paling SEO Friendly yaitu :

- /%postname%/

- /%postname%

2 permalink itulah yang paling sangat sering digunakan oleh para internet marketer.Namun jika postingan sobat sangat banyak maka bisa menambahkan permalink khusus dengan tujuan mempermudah pengunjung,seperti /%category%/postname%.

Sobat bisa menggunakan salah satu permalink di atas.

3). Loading Website (Page Speed)

Page Speed atau kecepatan loading halaman website/blog merupakan salah satu faktor pendukung dalam On Page SEO,yang nantinya dapat mempengaruhi ranking website/blog.

Pada algoritma di search engine google,kecepatan loading merupakan faktor penting yang berkaitan dengan user experience,yang semakin di utamakan oleh google.

Untuk itu sobat bisa gunakan beberapa cara memaksimalkan page speed pada blog/website,yang berfungsi mengoptimasikan on page SEO yang support pada versi PC maupun versi Mobile.

9 Page Speed Optimasi On Page SEO

Gzip Compression

Kompresi Gzip digunakan untuk mempercepat loading website/blog sebbelum diterima pengunjung.Jadi server web mengirimkan versi zip dari website ke browser.

Leverage Browse Caching

Leverage Browse Caching berfungsi memperpanjang masa cache sebuah file/elemen di website.Fitu ini cocok bagi sobat yang memiliki banyak file didalam website/blog.

Content Delivery Network

CDN digunakan untuk mempercepat request file ke server utama,dengan membuat file copy di berbagai server di seluruh dunia.

Plugin Cache

Plugin Cache berperan sebagai penyedia file statis kepada pengunjung agar reuest file ke server menjadi lebih sedikit dan tidak terjadi pembengkakan pada bandwidth.

Javascript Dan Minify CSS

Dengan memperkecil ukuran file Javascript dan CSS akan membantu mempercepat loading pada blog atau website sobat.

Menghapus Plugin Yang Tidak Penting

Jika menginstll plugin yang terlalu banyak bisa berpengaruh buruk pada performa web,apa lagi jika hosting sobat masih shared.

Kompresi Gambar

Kompresi gambar berperan sangat penting.Sobat bisa gunakan  WP Smush untukmengompress gambar.

WP Smush secara otomatis akan mengkompresi ketika sobat meng upload gambar,selain itu Wp Smush juga dapat mengkompresi secara bulk file image yang sudah di upload.

Hapus Elemen/Widget Yang Tidak Penting

Widget-widget yang tidak penting dapat sobat hapus,seperti widget recent comments,Arcive,Meta,Tags.

Hosting Yang Kuat

Walaupun ini opsional,namun sebenarnya sangat recommended bagi sobat yang mempunyai budget yang memadai.Sebaiknya menyewa hosting yang lebih kuat seperti dedicated server atau VPS.

4). Menggunakan XML Sitemap

XML Sitemap dapat membantu untuk mempermudah robot search engine,dalam mengindeks dan meng crawl seluruh isi web.

5). Menggunakan XML Image Sitemap

Bagi sobat yang memiliki website dengan gambar yang banyak,sebaiknya menggunakan XML Image Sitemap,aupaya file-file gambar yang ada didalam website sobat mudah di indeks dan di crawl oleh search engine.

6). Menggunakan Schema Markup

Dengan menggunakan Schema Markup dapat membantu search engine google untuk mengambil sebuah hasil yang lebih informatif pada halaman pencarian “SERP”.

Beberapa jenis schema markup,seperti Breadcrumbs,Website,Site Navigation,Organization,video,dan lain sebagainya.

7). Memfokuskan LinkJuice  Untuk Halaman-Halaman Yang Penting

Linkjuice merupakan kekuatan Inbound Link “backlink”  yang masuk ke sebuah halaman.

Dari homepage linkjuice akan mengalir ke halaman-halaman lainnya yang linknya tampil dihalaman home page website tersebut.

Untuk memaksimalkan linkjuice,sobat bisa memfokuskan ke halaman-halaman penting saja,agar yang di terima perhalaman memiliki linkjuice yang lebih besar.

Jika ingin mengecek link-link yang terdapat disetiap halaman homepage,sobat bisa menggunakan tools PageRank Juice Calculator.

Pada setingan “Automatic” Masukkan URL yang dituju,seperti misalnya URL Homepage lalu klik tanda panahnya.

8). Hindari Duplicate Title Descriptions

Duplicate Title Descriptions “duplikat pada bagian deskripsi”,hal ini dapat mengurangi performa web di search engine,terlebih lagi jika jumlahnya cukup banyak.

Suplicate title descriptions bisa terdapat di deskripsi artikel,selain itu juga bisa terdapat pada tags,deskripsi kategori,dan bahkan deskripsi dihalaman attachment.

Sobat dapat mencegah duplicate tiitle descriptions melalui Google Search Console :

Masuk Google search console >>> Tapilan penelusuran >>>Penyempurnaan HTML,lalu klik pada bagian Duplicate Deskripsi Meta.

9). Hindari Menggunakana Duplicate H1

Biasanya Duplicate H1 dipakai didalam judul utama sebuah halaman.Pada aturan SEO,H1 hanya boleh dipakai sekali.

Kebanyakan dari kita,bahkan saya sendiri sebelumnya memakai penggunaan H1 hingga 2x,satu pada title artikel dan satunya lagi dimasukkan dalam artikel tersebut.

Jadi untuk sekarang dan seterusnya sebaiknya sobat merubah kebiasaan itu.Adapun untuk sub heading untuk didalam artikel,sobat bisa gunakan H2 atau H3,hal itu lebih SEO Friendly.

10). Menggunakan Sosial Sharing Button

Menggunakan signal dari social media seperti Share,Like,Vote,dan sebagainya memang buka untuk faktor perankingan situs search engine.

Namun hal tersebut dapat menjadi faktor perenkingan secara tidak langsung “Indirect ranking factor”.

Karena sering dishare ke social media.secara tidak langsung blog/website sobat akan lebih dikenal orang.semakin banyak yang mereferensikan maka pasti semakin banyak pula yang akan mengunjungi dan mencari brand sobat di search engine google.

Artikel sama halnya dengan video seperti youtube,semakin viral dalam social media,dapat membuat semakin berpotensi mendatangkan orang lain yang memberikan backlink,baik melalui blog,website maupun forum.


BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

4 Responses to "Belajar SEO Untuk Pemula : 10 Teknik Optimasi Meningkatkan Rating Web Di Google"

  1. wuihh keren gan, saya coba dulu nih teknik seo nya

    ReplyDelete
  2. Pada keterangan menghapus plugin yg tdk penting,
    Yg di maksud hosting masih shared itu apa Gan?
    Trims.
    http://creamtitangel69.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya, kalo saya memilih blogwalking sambil baca-baca blog + dapat teman baru dari internet.

    ReplyDelete