==

8 Macam Jenis Aplikasi Terbaik Yang Sering Digunakan Untuk Desain Grafis

Desain grafis  merupakan suatu bentuk dari komunikasi visual dengan menggunakan gambar.

Hal ini memungkinkan sobat untuk menyamapaikan sebuah infromasi maupun pesan dengan se efektif mungkin.

Mereka Para pekerja desain grafis memiliki peran penting bagi suatu perusahaan,terutama dalam mendesain iklan,poster,kartu nama,brosur dal lain sebagainya.

Desain grafis dapat merujuk kepada metode merancang,proses pembuatan produk yang dihasilkan”Rancangan”,atau disiplin ilmu yang digunakan “Desain”.

Jadi Dalam Hal ini desain grafis adalah seni yang meliputi suatu keterampilan visual dan juga keterampilan kognitif.Termasuk didalamnya yaitu Fotografi,tipografi,pengelolaan gambar,ilustrasi,dan tata letak.

Perkembangan teknologi memacu kebutuhan pada dunia visual,sebab bisnis mulai menyampaikan produknya secara visual melaui berbagai media website,iklan,kartu nama,maupun poster.Maka karena salah satu hal tersebut banyak dibuthkan jasa seorang dengan keahlian desain grafis.

Seperti yang telah dikutip oleh My Job Central,pada sabtu (03/08/2013),bahwa peminat terhadap desain grafis semakin meningkat pesat dan juga pekerjaan pada bidang ini semakin berkembang.

Jika sobat ingin menekuni pekerjaan sebagai desain grafis,maka sobat bisa memilih 8 Macam Jenis Aplikasi Terbaik Yang Sering Digunakan Untuk Desain Grafis.

 8 Aplikasi Terbaik Untuk Desain Grafis

1). Inkscape (Aplikasi Desain Vektor)

Inkscape adalah aplikasi gratis yang open source dalam hal desain vektor.Aplkasi ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan adobe ilustrator,namun dengan ukuran lebih kecil dan gratis.

Inkscape menggunakan format SVG untuk file,mendukung fitur seperti Alpha Blending,teks,Spidol,dan klon,Gradien pola,transformasi,dan grouping.

Aplikasi Inkscape juga mendukung Creative Commons meta data,lapisan,mengedit node,bitmap tracing dan eiting XML secara langsung.Dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Inkscape merupakan sebuah editor windows,linux dan OSX grafis editor format SVG,Aplikasi ini mempunyai kemampuan seperti Coreldraw,Ilustrator,Visio,dan lain sebagainya.

Kelebihan

Ukuran yang kecil,mudah digunakan dan memiliki banyak fitur-fitur berkualitas.

Jadi menurut saya aplikasi Inkscape salah satu pilihan terbaik untuk sobat,selain Inkscape adalah software besar dan bagus,juga mempunyai kinerja yang sangat baik,dengan semua fitur besar yang dimilikinya.

2). 3DVIA Shape (Aplikasi Modeling 3D)

 3DVIA Shape merupakan aplikasi 3D,yaitu Software Desain Grafis Untuk Pemula sekalipun. yang cocok dan mudah digunakan bagi para pemula yang belum mepunyai pengalaman dalam desain 3D.Aplikasi ini bisa sobat gunakan dengan menggunakan OS Windows.

Dengan aplikasi ini maka akan memunginkan sobat dalam membuat berbagai desain 3D yang menarik,yang bisa dibagikan/share ke media online.

Selain itu 3Dvia Shape adalah aplikasi modeling 3D yang bekerja power full dan dapat sobat gunakan secara gratis.Pada versi terbarunya selain penggunaan online,aplikasi ini juga memunginkan untuk melakukan desai modeling 3D secara offline.

Aplikasi ini selain sangat mudah untuk pemula,juga merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang professional dengan kinerja yang tinggi.

3). Google Sketcup (Software Modeling 3D)

Selain aplikasi 3Dvia Shape,Google Sketcup juga bisa menjadi pilihan lainnya untu sobat dalam desain 3D.

Sketcup juga dikenal sebagai aplikasi modeling 3D terbaik untuk pemula,dimana aplikasi desain ini menawarkan berbagai kemudahan dalam membuat sketsa ruang 3 dimensi bagi pemula,dan designer kelas menengah.

Google Sketcup memiliki tutorial video,tips & trik,juga pusat bantuan.Sketcup juga dibuat dalam bahasa interface yang user friendly dan sederhana,jadi akan mudah untuk dipahami.

Teamplate yang disediakan untuk user,yaitu teamplate desain Google Earth Modeling,Arsitektur,Pertukangan,dan Rencana dasar.

Dengan aplikasi ini memunginkan pengguna untuk membuat berbagai macam bentuk desain seperti,rumah,gudang,proyek mebel,deck,dan bahkan ruang kapal.Selain itu banyak fitur tambahan seperti tekstur,rincian,kaca,dan desain dengan akurasi dimensi.

Kelebihan

- Apliksi ini gratis,dan bahkan dalam versi pro bisa anda dapatkan dengan biaya yng rendah
- Mudah untuk dipelajari.

Kekurangan

- Memiliki fungsi terbatas
- Tidak terlalu intuitif untuk advance atau pengguna berpengalaman.

Aplikasi ini selain mudah digunakan bagi pemula,juga sangat membantu dalam merancang tata letak sebelum membuat model nyata.

4). PosterRazor (Software Membuat Poster)

PosterRazor merupakan software terbaik yang dirancang untuk mempermudah sobat dalam membuat posterbillboard dan lain sebagainya.

Cara kerja aplikasi ini yaitu dengan memotong gambar raster hingga menjadi potongn-potongan yang nantinya dapat dicetak dan dikumpulkan hingga menjadi sebuah poster.

Aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan,dengan antar muka yang sangat user friendly.Selain itu aplikasi PosterRezor adalah aplikasi gratis dan open source.

5). Adobe Ilustrator (Aplikasi Desain Vektor)

Adobe Ilustrator merupakan aplikasi ilustrator atau desain vektor terbaik,yang memiliki banyak fitur luar biasa.

Adobe Ilustrator dikenal sebagaik Raja software desain vektor,yang banyak digunakan oleh para ahli dibidang desain,sangat cocok untuk pembuatan logo,banner/spanduk,gambar,sketsa,ilustrasi,ataupun desain lain yang memerlukan untuk perubahan ukuran drastis.

Dengan aplikasi yang sangat baik ini,akan sangat membantu dalam membuat ilustrasi yang sangat indah.

6). Adobe Photoshop CC (Aplikasi Desain & Editing Gambar)

Jika sebelumnya Adobe Ilustrator adalah Raja software desain vektor,maka Adobe Photoshop CC merupakan Raja software editing foto dan gambar.

Photoshop CC sangat cocok bagi para photografer profesional dan juga juru desain grafis yang membutuhkan alat yang kreatif untuk berkreasi.

Kelebihan

- Banyak fitur desain untuk web dam ponsel
- Memiliki antar muka yang baik
- Memiliki kemampuan untuk desain 3D
- Mempunyai alat canggih untuk manipulasi dan koreksi foto.

Kekurangan

- Tidak mempunyai pilihan lisensi yang abadi
Adobe Photoshop telah menjadi standar yang baik dalam editing gambar,dengan memiliki kemampuan yang hebat,baik untuk manipulasi foto,dan desain gambar.

7). Adobe InDesign (Software Desai Layout,Majalah,Dll)

Adobe InDesign adalah salah satu software page layout terpopuler,dan sampai sekarang masih menjadi pilihan utama bagi para desainer profesional,seniman digital,dan penerbit.

Software ini dalam hal desain layout,memilliki tambahan seperti Liquid layout,content collector,dan alternate layouts.

Adobe InDesign bisa menjadi salah satu aplikasi terbaik bago sobat yang ingin berkarir sebagai desainer profesional,terutama menyangkup perusahaan penerbitan.Software ini cocok untuk desain layout,koran,majalah,buku,company profile,annual report,dan lain sebagainya.

8). AAA Logo (Aplikasi Pembuat Logo)

AAA Logo  adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah logo atau simbol perusahaan.

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.Selain itu juga dapat digunakan untuk membuat media cetak atau logo website.

Aplikasi AAA Logo memiliki library dengan lebih dari 8000 objek logo.Dapat menyesuaikan warna serta efek dan meng export  hasilnya untuk suatu web dan logo.

Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki aplikasi pembuat logo ini yaitu selain mudah digunakan,sobat dapat menyimpan format file bukan hanya dalam bentuk vektor SVG atau Al,namun juga dapat ekspor hasil desain dalam bentuk BMP dan TIFF.

Memiliki 3 Tab utama yaitu Object library style object,dan edit selected object.Tab tersebut memiliki fungsi  untuk mengunakan suatu shape sebagai objek,dapat mengedit objek dengan mudah dan gaya suatu objek dalam bentuk 2D – 3D atau kustominasi jenis.

Jadi bagi sobat yang ingin membuat logo dengan cepat untuk kartu nama dan suatu web,sangat cocok menggunakan aplikasi AAA Logo.Selain memiliki fitur yang mudah digunakan,juga mempunyai banyak pilihan teamplate yang bisa sobat gunakan untuk membuat kreasi logo.

Itulah 8 Macam Jenis Aplikasi Terbaik Yang Sering Digunakan Untuk Desai Grafis Versi Laptop/PC.Ke delapan aplikasi tersebut bahkan dapat sobat gunakan walau ditahap pemula sekalipun.

BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

1 Response to "8 Macam Jenis Aplikasi Terbaik Yang Sering Digunakan Untuk Desain Grafis "