==

Tips Memilih Domain Dan Hosting Yang Baik Dan Sesuai Kebutuhan

Beberapa strategi yang perlu sobat perhatikan dalam memilih Nama Domain,serta memilih jasa layanan hosting untuk bisnis online.


Bagi yang belum mengetahui pengertian Hosting,bisa baca Pengertian Hosting Dan Jenis-Jenis Hosting

Berikut beberapa Tips cara memilih Domain dan Hosting Yang Baik Dan Sesuai Kebutuhan.

Tips Memilih Domain

1. Pilih nama domain yang tidak terlalu rumit dan mudah untuk diingat,sesuaikan dengan lokasi
target.

Misalnya panduanblog.net,domain seperti ini enak dibaca dan mudah dingat.Sedang target lokasi yaitu menyesuaikan,jika target pengunjung sebatas di indonesia sebaiknya domain berbahasa indonesia.

2. Adanya keterkaitan antara nama domain dan dengan topik blog/website sobat.Misalnya blog sobat topiknya internet,bisa pakain lintasinternet.net.

3. Menghindari penggunaan nama domain berbau sara.Hal ini akan menyebabkan blog/website sobat akan di Blacklist oleh search engine google,yang berakibat buruk pada trafik pengunjung.

4. Menggunakan domain TLD,hal ini disarankan agar membuat blog/web lebih terlihat profesional,dan lebih pendek sesuai keinginan.

Tips Memilih Hosting

1). Penyesuaian Kebutuhan Hosting 

Pilih Hosting sesuai kebutuhan dari jenis blog atau website sobat.

2). Target Visitor Sesuai Server Hosting

Pastikan memilih server hosting yang sesuai target pengunjung “Visitor” Website/blog sobat.Seperti (Server USA,IIX,SGP,dll.Bagi sobat yang ingin fokus menargetkan visitor untuk lokal “Indonesia”,maka harus memilih server hosting “ IIX ”.

3). Kapasitas Ruang Penyimpanan

Mengenai kapasitas,adalah hal yang perlu dipertimbangkan,jadi pastikan ruang penyimpanan yang di butuhkan cukup untuk menapung file-file website/blog sobat.

Pertimbangkan juga untuk memilih sesuai kapasitas dengan memperkirakan dari awal,seberapa besar nantinya website/blog yang akan sobat kelola.Sebab sewa hosting rata-rata pertahun.Jangan sampai hal sepele ini mempengaruhi kinerja pada website sobat.

4). Kecepatan Dan Kehandalan

Menghindari hal buruk terjadi,seperti ketika calon visitor yang akan berkunjung ke website sobat tapi tidak dapat mengakses sebab server sedang down.Hal itu merupakan suatu kemunduran,bahkan kerugian besar.

Fakta bahwa para pengunjung banyak tidak menghiraukan suatu website lagi,karena salah satu faktor yaitu ketika website mengalami server down,hal ini membuat mereka enggan untuk kembali.

Oleh sebab itusangat penting dalam memperhatikan kualitas hosting yang akan dipilih,agar dapat diandalkan.
Selain kecepatan,kekuatan juga menjadi hal penting,untuk menghindari respon yang lama ketika website hendak dibuka.

Untuk mengetahui kualitas hosting,selain sobat bisa bertanya kepada orang lain,biasanya penyedia layanan hosting yang bagus,menyediakan versi trial untuk percobaan,jadi dapat sobat manfaatkan hal tersebut sebaik mungkin.

5). Batas Transfer Data

Periksa berapa banyak data yang sobat bisa teransfer melalui blog/website ke visitor nantinya.Hal ini biasanya hitungan 5 GB/bulan.

Usahakan memastikan memilih batas transfer yang tinggi,untuk penampungan semua data yang akan dipublikasikan pada website yang akan dilihat oleh setiap visitor.

6). Support

Pastikan sobat mendapatkan support yang baik dari penyedia layanan hosting yang akan dipakai,misalkan ketika sobat bepergian jauh,tiba-tiba server website sobat mengalami gangguan bahkan mati,maka yang akan membantu sobat adalah operator dari layanan hosting tersebut,yang jelas siap melayani sobat setiap saat.

Selain itu pastikan juga support apa saja yang akan diberikan.untuk menghindari gangguan atau adanya penyesalan dibelakang nanti.

7). Keamanan

Karena hosting merupakan media penyimpanan file-file penting sobat,jadi pastikan penyedia layanan hosting yang akan digunakan,memiliki pelayanan keamanan yang bagus.Dengan ketentuan garansi pastinya.

Mengenai hal ini sobat bisa menanyakan ke sales penyedia layanan hosting tersebut,sebelum melakukan pembelian.

8). Harga

Hal terakhir yang bisa diperhatikan adalah teliti dengan harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting.Biasanya penyedia memiliki berbagai paket-paket dengan harga tertentu.

Sobat bisa melakukan riset harga dari beberapa penyedia layanan hosting terbaik.Bisa juga sobat langsung baca Penyedia Layanan Web Hosting Terbaik Indonesia 2017

BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

1 Response to "Tips Memilih Domain Dan Hosting Yang Baik Dan Sesuai Kebutuhan"