==

Cara Memperbaiki Komputer Gagal Booting Atau Tidak Bisa Masuk Windows

Pada kesempatan ini saya akan membahas seputar permasalahan komputer yaitu Cara Memperbaiki Komputer Gagal Booting Atau Tidak Bisa Masuk Windows.

Sebagai teknisi,Komputer/Laptop Gagal Booting adalah salah satu kerusakan yang sering saya temui.
Dalam permasalahan ini biasa komputer tiba-tiba tidak dapat masuk ke windows “Sistem Operasi”,dalam hal ini sobat tidak perlu khawatir,coba kita analisa beberapa penyebabnya.

Beberapa kasus yang mungkin terjadi diantaranya yaitu :

- Komputer tidak bisa booting dengan menampilkan pesan eror

- Komputer booting namun muncul bluescreen

- Komputer booting lalu kembali merestart

Beberapa hal yang mungkin jadi penyebab Gagal Booting :

- Permasalahan pada pengaturan Bios

- Windows “Sistem Operasi” terserang virus

- Adanya permasalahan pada hardware

- Software yang sudah terinstall dan tidak kompatibel pada sistem operasi

- File Sistem Operasi Windows Corrupt

Segala sesuatunya dapat terjadi akibat kesalahan user ataupun secara tiba-tiba.Pada permasalahan ini pengguna “User” biasanya mengambil jalan pintas melalui Install Ulang Sistem Operasi Windows,padahal masih ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan sebelum Install Ulang Windows.

Baca Juga 20 Macam-Macam Troubleshooting Komputer/Laptop Dan Cara Mengatasinya

Jika ingin mengetahui dan memecahkan permasalahan pada komputer/laptop yang tidak dapat booting,ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan sendiri.

Beberapa Permasalahan Dan Cara Mengatasinya

1). Permasalahan Ada Pada Pengaturan Bios

Biasanya komputer tampak seperti mati total dan tidak dapat booting,terjadi karena adanya masalah pada Bios,jika hal ini memang menjadi permasalahannya maka solusinya :

Reset Bios

Untuk Cara Reset Bios Komputer,sobat bisa download aplikasinya,sesuaikan dengan type Biosnya.

2). Software Tidak Kompatibel

Coba sobat ingat,jika memang ada software yang sebelumnya di install.Bisa jadi hal itu yang mempengaruhi kinerja sistem operasi windows.

Cara Mengatasinya :

Masuk Ke Tampilan “Safe Mode”

Untuk mengakses atau masuk ke safe mode,pada umumnya komputer/laptop biasanya menekan tombol F8,namun ada juga yang menggunakan F5 & F12 (Sesuaikan Merek Laptop).Untuk melakukannya komputer harus direstar dan ketika menyala menekan tombol safe mode.

Setelah masuk ke tampilan safe mode,lakukan pemeriksaan pada aplikasi/software yang kiranya dicurigai menjadi penyebab kerusakan,bila memungkinkan sebaiknya diuninstall saja aplikasinya lalu restart ulang.

3). Pesan Sistem Windows Corrupt (Stop Code : 0X0000007B)

Pesan sistem windows corrupt akan tampil pada awal menyalakan komputer/laptop,hal ini biasanya terjadi sebab adanya kerusakan pada sistem harddisk yang mengalami eror.File Boot Partition yang cacat atau biasa disebut corrupt.

Namun sebelum memeriksa apakah kerusakannya terletak pada Harddrive,sebaiknya sobat periksa pengaturan Booting pada Bios.

Jika permasalahan ini muncul ketika hendak mengupgrade windows,maka kemungkinannya ada hardware yang tidak kompatibel atau tidak sesuai dengan windows yang terpasang diperangkat komputer/laptop.

Cara Mengatasinya :

Hal pertama yang bisa sobat lakukan ketika terjadi pesan windows corrupt,yaitu dengan repair windows,restore hingga instaall ulang sistem operasi windows.Repair memungkinkan file yang corrupt akan dilengkapi kembali.

Jika setelah memeriksa pengaturan booting di bios normal dan lain sebagainya,maka langkah selanjutnya adalah melepas hardware kemudian coba pasang kembali.

4). Permasalahan Pada VGA Card dan Memori (RAM)

Jika terdengar bunyi beep yang berulang ulang dan windows tidak dapat booting.

Cara Mengatasinya :

- Coba sobat lepaskan VGA Card dan Memory,lalu bersihkan pinnya menggunakan karet atau penghapus,dengan menggosoknya melalui 1 arah hingga bersih.

- Selain itu juga sobat bisa mencoba memeriksa kondisi memory,hal ini bisa menjadi penyebab jika pada perangkat komputer/laptop terdapat 2 atau lebih memory card yang tidak kompatibel.

- Jika bunyi beep masih terdengar,coba ganti memory nya.

- Jika komputer sudah tidak bunyi beep,harddisk berputar normal namun tidak ada tampilan pada layar,kemungkinan besar VGA Card yang bermasalah.Coba ganti VGA lain yang sesuai,atau juga bisa mencoba VGA tersebut ke komputer lain.

5).  Processor Kepanasan

Jika sudah lama digunakan biasanya Processor akan overheat, hal ini dapat mengakibatkan komputer sering mati sendiri lalu ketika dinyalakan sudah tidak dapat booting.

Cara Mengatasinya :

- Cek Kondisi pada Heatsink dan fan Processor,periksa apakah fan masih berputar,bersihkan kotorannya dan periksa dudukan pengancingnya.

- Jika komputer sobat masih dapat masuk ke Bios,coba periksa temperatur processor pada bagian monitor hardware.

6). Terserang Virus

Ada kemungkinan sistem terserang virus bisa menjadi permasalahannya.

Cara Mengatasinya :

- Restart Komputer lalu masuk Safe Mode (untuk masuk safe mode lihat poin 2 di atas).

- Setelah masuk tampilan safe mode,jalankan anti virus dan lakukan scanning secara menyeluruh hingga selesai.Jika terdapat virus malware/spyware pada aplikasi yang terpasang,segera hapus atau uninstall.

Untuk tahapan pemeriksaan sobat bisa mulai dari memeriksa sistem windows dan bios,jika masih belum teratasi lanjutkan memeriksa software dan hardware.Penanganan terakhir bisa dicoba dengan Repair,Restore,Install Ulang hingga melakukan service pada ahlinya.

Baca Juga Cara Merawat Komputer Secara Hardware Dan Software Yang Baik Agar Terhindar Dari Kerusakan

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan seputar Cara Memperbaiki Komputer Gagal Booting Atau Tidak Bisa Masuk Windows.

Silahkan bertanya pada kolom komentar jika ada hal yang kurang dipahami seputar pembahasan diatas.


BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

1 Response to "Cara Memperbaiki Komputer Gagal Booting Atau Tidak Bisa Masuk Windows"