==

10 Fakta Sejarah Samsung Wajib Diketahui

Salah satu pemain besar smartphone,Samsung telah membangun dirinya menjadi kerajaan mobile dan elektronik yang masif,meski ceritanya benar-benar dimulai dari bawah,Samsung berkembang sangat pesat berkat platform android milik google.
Sama-sama meraih kejayaan,sementara perusahaan elektronik amerika gulung tikar.Samsung malah berkembang semakin pesat dengan membuat inovasi-inovasi baru.

 10 Fakta Sejarah Samsung Wajib Diketahui

1. PERUSAHAAN KELUARGA
Sobat pasti tidak mengira bahwa Samsung sebenarnya adalah perusahaan keluarga.Samsung dikendalikan oleh keluarga konglomerat secara turun temurun,Mulai dari Lee Byung Chull ampai engan keturunannya seterusnya.


Harta melimpah menjadikan pemilik Samsung menjai salah satu orang terkaya didunia,Lee Kun Hee pernah asuk majalah Forbes sebagai orang terkaya engan harta sebanyak 10 Miliar Dolar.Lee Kun Hee adalah anak ke  dari Lee Byung Chull yang kini menduduki posisi tertinggi diperusahaan.

2. PERUSAHAAN MIE

Sebelum sukses besar engan smartphone galaksinya,Samsung ternyata pernah memproduksi mie di Daegue,Shouth Korea Selatan.Bisnis ini cukup sukses hingga dipindah ke Soul.




Ditahun 1954 samsung melebarkan sayap ke bisnis lain,yaitu pakaian katun,dan menjadi salah satu yang terbesar dikorea selatan pada waktu itu.

Tepatnya itahun 1990,Samsung kembali merampat ke bisnis elektronik,dan produk rilis mereka yang pertama adalah televisi hitam putih.

3. REPUBLIC OF SAMSUNG

Samsung mampu berevolusi dan menjadi tak terkalahkan,bahkan dikorea selatan Samsung menyumbang ke negaranya hingga 17% dari penghasilan perusahaannya,Samsung memiliki posisi penting dalam mengangkat perekonomian korea selatan.

Berkat segala produknya yang menyentuh segala aspek kehidupan masyarakat,mulai dari kompor,mesin cuci,televisi,hingga asuransi.Semua ini digunakan warga korea selatan untuk mempermudah aktifitas sehari-hari.

Bahkan pengamat ekonomi pun mengatakan bahwa Samsung memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan presiden Negara itu sendiri.

4. NAMA SAMSUNG
Samsung dibawah dari kata SAM yang berarti 3 (SAM=3).Dan di imbangi dengan logo bintang yang mengiringi membuktikan akan semakin gemerlap.Nama Samsung sendiri adalah 3 bintang yang melambangkan Keabadian,Besar,Dan Kuat.


Lee Byung Chull sebagai pendiri utama perusahaan itu,sangat yakin Samsung akan menjadi perusahaan baru yang besar,bahkan sangking besarnya akan menjadi hal yang tercatat dalam dunia bisnis yang tinggi.Pemilik yakin bahwa pemilihan nama perusahaan sudah mencerminkan hal tersebut.

5. LOGO SAMSUNG
Belum iketahui persis ari perubahan logo yang dilakukan perusahaan,apakah sekedar melakukan pembaharuan,atau mengganti identitas diri.Namun bisa dipastikan bahwa perubahaan itu dilakukan perusahaan sekitar tahun 70an.


Hanya ada 3 kali perubahan yang dilakukan Samsung.Berawal dari 3 bintang dalam kotak,lanjut dengan penambahan logo 3 bintang berwarna merah disamping nama perusahaan,dan akhirnya dengan logo Samsung yang didominasi berwarna biru,yang tersemat dalam bentuk lingkaran oval hingga sekarang.

6. PONSEL CDMA PERTAMA
Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa ponsel perdana yang dihasilkan Samsung dalam industri ponsel ini,dalam catatan yang terekam perusahaan asal korea selatan ini menjadi produsen ponsel berbasis CDMA,produk pertama yang dihasilkan produsen dengan teknologi CDMA adalah ponsel Samsung SCH-100 yang dihadirkan pada tahun 1996.

7. PELOPOR SMARTWATCH
Jam tangan pintar yang ada sekarang,sepertinya diyakini dipelopori perusahaan jam tangan pertama Samsung,pada saat itu produsen melihat bahwa pasar jam tangan mulai rame dan dilirik oleh konsumen,sehingga lahirlah Samsung SPH-WP10 yang dilahirkan pada tahun 1999.ini juga dilaporkan sebagai produk pelopor smartwatch yang sedang berkembang saat ini,Samsung SPH-WP10 diklaim mampu memberikat kemampuan menelphone hingga 90 menit.


8. MENGHANCURKAN PRODUK USD 50 JUTA (DEPAN KARYAWAN)
Setelah pergeseran yang dilakukan Lee Kun Hee,perusahan mengambil keputusan yang diluar pemikiran semua orang,kejadian ini tercatat pada tahun 1995,mengungkapkan bahwa Lee Kun Hee telah berada dalam rustasi berat.


Pentolan perusahaan ini mengambil keputusan untuk menghancurkan produk elektronik seperti TV,Ponsel,dan perlengkapan lainnya yang diproduksinya sendiri.

Sebelum penghancuran produk,kerugian ditaksir mencapai USD 50 juta.Lee Kun Hee memastikan bahwa ada sebanyak 2000 karyawannya yang menyaksikan langsung,hal ini dilakukan Lee sebagai sebagian dari pertunukan usahanya,bahwa karyawan harus memberikan kualitas yang baik,dibanding harus menjadi barang rongsokan tak berguna.

9. BIAYA PEMASARAN YANG PALING TINGGI

Kualitas memang menjadi kunci utama dari penjualan sebuah produk,dah hal tersebut sejalan dengan yang diciptakan oleh Lee Kun Hee,namun jika tidak ada teknik pemasaran yang tepat,maka butuh dana besar untuk pengenalannya,dan mustahil dapat dikenal dipasar.

Samsung pada tahun 2013 tercatat mengeluarkan biaya senilai USD 14 Miliyar untuk iklan.Sebagai dana terbesar yang dikeluarkan perusahaan untuk pemasaran,ahkan perusahaan juga diungkapkan menghabiskan USD 5 Miliyar untuk pemasaran umum.

10. PIDATO AKBAR SELAMA 3 HARI YANG BERSEJARAH

Kekecewaan Lee Kun Hee berawal dari kunjungannya ke amerika serikat,dan mendapati produksi televise buatan Samsung berada dipojok dan berada dirak paling bawah dan juga berdebu.Sedang televisi Sony dan Panasonic berada diurutan pertama dan kedua.

Saat Lee berada dijerman,dia membuat sejarah dengan membuat rapat besar,memanggil seluruh petinggi perusahaan,disana Lee berpidato selama  hari ,isi pidatonya berisi Visi Misinya serta target yang harus dicapai oleh Samsung ditahun 2000.Pada waktu itu pidatonya berlangsung ditahun 1993.

Lee Kun Hee juga mengutarakan mimpinya lewat pidato tersebut,dia mengatakan “Ubahlah segalanya kecuali istri dan anakmu”,dan sekarang terbukti kini Samsung berhasil menaikkan omset dan tingkat ke populerannya sangat signifikan.

Itulah 10 akta Sejarah Samsung Yang Wajib Diketahui,semoga bermanfaat sekaligus menambah wawasan bagi sobat Pro Teknologi sekalian.

BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

2 Responses to " 10 Fakta Sejarah Samsung Wajib Diketahui"

  1. buset itu keren :v 50usd di hancurkan gitu aja :D

    ReplyDelete
  2. informasi yang menarik sekali min, thanks...
    http://cody.id/

    ReplyDelete