==

6 Tahapan Menulis Artikel Yang Berkualitas Untuk Website Agar Mendapatkan Peringkat 1 Di Google


Dengan semakin banyaknya peminat dalam dunia Blogging,maka semakin banyak penulis yang ingin menerbitkan artikelnya.

Buat artikel itu gampang,tinggal mengetik saja tapi tidak menjamin kualitasnya.Sedang yang kita harapkan yaitu dapat membuat artikel yang menarik untuk kepuasaan para pembaca.

Melalui tulisan,para blogger membagikan dan menyampaikan ide,pemikiran dan pengalaman pribadi kepada para pembaca yang bertujuan memberi manfaat.

Maka dari itulah sudah seharusnya seorang blogger menguasai cara untuk menulis artikel yang menarik dan baik.Sebab sebagus apa blog itu,tergantung pada seberapa berkualitas isi artikel yang dimaksudkan untuk para pembaca.

Sebagai Blogger,jelas kita berharap dapat menyajikan sebuah konten yang berkualitas dan menarik untuk nantinya bakal berguna dan dapat di share oleh pembaca.

Kenyataannya beberapa penulis diblogger telah berhasil dengan membuat artikel-artikel yang jelas berhasil mendapatkan minat dari pembacanya,dan sebagian dari kita hanya mendapatkan “Keringat”,tanpa menghasilkan apa-apa.

Maka dari itu saya akan membagikan 6 Tapahan Menulis Artikel Yang Berkualitas Untuk Website Agar Mendapatkan Peringkat 1 Di Google.

Selain menciptakan tulisan yang berkualitas,dalam tahapan ini juga berpengaruh untuk mendapatkan peringkat atas pada share angine google.

Teknik Penulisan Pada Website

Hal yang perlu sama-sama kita sadari,bahwa menulis sebuah artikel di website sangat berbeda dengan menulis dibuku.Mengapa Demikian?

Pada saat orang orang browsing website,mereka biasanya tidak suka membaca artikel terlalu panjang,jadi beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan diwebsite sebagai berikut :

1. Paham Terhadap Topik Yang Di Tuliskan

Salah satu alasan tulisan tidak enak dibaca,bahkan mungkin untuk diri sendiri,yaitu karena tidak mengerti terhadap topik yang ditulis.

Maka dari itu sebaiknya membuat 1 artikel yang jelas dipahami dari pada membuat banyak artikel yang isinya cuman basa basi,bahkan tidak memberikan kepuasaan atau solusi terhadap apa yang di inginkan oleh pembaca.

2. Menggunakan Gaya Bahasa Yang Mudah Di Pahami Pembaca

Sebaiknya menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami,sebab tidak semua calon pembaca pada website kita mempunyai tingkat kecerdasan yang sama.

Seperti apa gaya bahasa yang mudah dipahami pembaca?

- Usahakan menggunakan kosakata yang sederhana.

- Jika mengharuskan menggunakan istilah-istilah,tambahkan pengertiannya.

- Dan Lain Sebagainya.

3. Hindari Penulisan Paragraf Terlalu Panjang

Jika penulisan pada buku,koran ataupun majalah,memiliki penulisan dengan paragraf panjang seperti yang diajarkan dibangku sekolah.Beda hal dengan penulisan pada website.

Mungkin anda sering menemukan artikel yang memiliki topik menarik namun tulisannya sulit untuk dibaca?

Pada akhirnya walaupun artikel yang dibuat menarik,namun jika tidak enak untuk dibaca,maka akan berdampak tidak baik untuk calon pembaca.

Sebagus apapun artikel yang sobat buat,akan percuma jika tidak dibaca.

Seperti dengan orang-orang yang mungkin berusia 40+,sudah memiliki penglihatan yang kurang jelas,jadi akan menyiksa mata mereka.

Beberapa hal yang harus dihindari:

- Huruf yang terlalu kecil

- Jarak antara baris padat

- Menggunakan font khusus yang sulit dibaca

4. Meningkatkan Kualitas Dan Bobot Isi Artikel

Bisa dibilang tahapan ini adalah inti utama pada artikel ini.

Kulitas dan Bobot merupakan faktor utama yang menentukan bagus tidaknya isi artikel sobat.Semakin berbobot artikel yang sobat buat maka pembaca akan semakin puas.

Artikel yang berbobot biasanya lebih panjang,namun artikel yang panjang belum tentu berbobot.

Jadi intinya yang penting bukan panjangnya tapi bobotnya.

Seperti yang sebelumnya telah saya terangkan diatas,bahwa lebih baik menulis 1 artikel agar pembaca dapat informasinya lengkap,dari pada harus membuat 10 artikel yang isinya setengah-setengah dan bikin bingung.

Untuk membuat artikel yang berkualitas dan berbobot yang akan memuaskan para pembaca,sobat harus melakukan riset terlebih dahulu,dan pastikan sobat paham betul mengenai topiknya.

Sobat tidak mungkin dapat menciptakan artikel yang berkualitas dan berbobot tanpa mengerti apa yang dibahas dan bermodal copy paste sana sini.

Jadi bagaimana solusinya?

Jika sobat bukan seorang ahli dalam hal topik artikel yang akan sobat buat,usahakan perbanyak waktu sobat untuk membaca artikel-artikel lain yang bersangkutan/sejenis.

5. Pemeriksaan Tata Bahasa Dan Ejaan

Agar mencapai tingkat Profesional,sebaiknya sobat memperhatikan Tata Bahasa dan Ejaan.

Walaupun hal ini terdengar sepele,namun sebenarnya sangatlah penting.Jika terjadi kesalahan penulisan maka dampak artikel sobat akan langsung mendapatkan kesan tidak Profesional.

Ini jelas berbahaya.bayangkan saja ketika sobat mengunjungi sebuah website yang menjual produk seharga Rp. 12juta,tetapi dikontennya terdapat banyak kesalahan penulisan,yang jelas berakibat dianggap tidak serius,dikarenakan pada penulisan saja tidak diperhatikan.

Karena belum adanya software yang mampu memeriksa kesalahan tata bahasa indonesia,dan cuman ejaan yang dapat kita periksa,maka solusinya yaitu memeriksa secara manual.

Bisa gunakan tahapan berikut :

- Tulis artikel sobat hingga tuntas,tanpa memeriksanya terlebih dahulu.

- Baca artikel sobat sendiri dengan bersuara,bukan didalam hati.

- Perbaiki kembali kalimat yang terdengar tidak tepat ketika diucapkan.

Kenapa harus membaca menggunakan suara?

Alasannya yaitu :

- Jika sobat membacanya dalam hati,bisa jadi kesalahan-kesalahan kecil mapun besar dapat terlewatkan.

- Pasti di artikel sobat akan banyak muncul kalimat-kalimat kurang tepat ketika diucapkan,dan hal ini dapat diketahui hanya ketika dibaca menggunakan suara.

Untuk lebih tepatnya sobat dapat membacanya dengan membayangkan sedang melakukan persentasi didepan umum,maupun seperti sedang bercerita (tergantung artikelnya).

6. Optimasi On Page SEO

Optimasi On Page dilakukan terakhir ketika sobat telah selesai menulis.

Proses SEO ini tidak akan lama,tapi pada kenyataannya banyak orang yang terlalu memikirkan hal ini,tapi mengabaikan tahapan-tahapan di atas yang jelas lebih penting.

Meta Description

Meta Description akan muncul dihasil pencarian yang digunakan sebagai ringkasan artikel sobat.Hal ini dapat mempengaruhi peningkatan klik ke website sobat,apa bila dimanfaatkan dengan tepat.

Pada meta description cukup memasukkan satu keyword,jangan menumpuk terlalu banyak keyword.

Sebab yang penting adalah teknil penulisannya,bagaimana cara anda agar menarik calon pembaca untuk mengunjungi website sobat.

URL

Pada umumnya Url website akan muncul otomatis secara bersamaan dengan judul artikel.Namun beberapa orang lebih senang menggunakan URL yang dimodifiksi.

Beberapa Tips Penulisan URL :

- Usahakan mengandung Keyword utama

- Hindari kalimat mengandung preposisi

- Tidak terlalu panjang

Gambar

Bagi saya artikel tanpa gambar itu membosankan.

Walaupun tujuan kita menulis sebuah artikel,untuk membuatnya menarik tetap harus diusahakan menyisipkan sedikit gambar didalamnya.

Gambar biasanya digunakan untuk menerangkan sebuah konsep yang pastinya susah dijelaskan dengan melalui tulisan.

Beberapa manfaat gambar :

- Tingkat Bacaan akan jadi lebih tinggi “artikel akan dibaca lebih jauh”.

- Mempengaruhi jumlah share pada sosmed,seperti Facebook dan Twitter hingga 80%

Gunakan Link Ke Halaman Lain (Internal Backlink)

Sebaiknya membuat artikel yang dapat dihubungkan,hal ini sebagai internal link ke artikel lain,yang akan memingkatkan struktur website.

Selain Internal link,sobat juga bisa menambahkan link ke website lain.

Kesimpulan

Dalam hal membuat artikel yang berkualitas itu tidak terlalu sulit,sebab yang sebenarnya membuatnya sulit hanya karena belum terbiasa saja,maka dari itu saya sendiri masih selalu berusaha menulis artikel yang lebih baik lagi.

Itulah 6 Tahapan Menulis Artikel Yang Berkualitas Untuk Website Agar Mendapatkan Peringkat 1 Di Google.

Jika ada pertanyaan silahkan dibagikan pada kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian.




BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

1 Response to "6 Tahapan Menulis Artikel Yang Berkualitas Untuk Website Agar Mendapatkan Peringkat 1 Di Google"