==

Cara Merawat Komputer Secara Hardware Dan Software Yang Baik Agar Terhindar dari Kerusakan

Pada kesempatan sebelumnya saya telah membuat artikel yang membahas mengenai troubleshooting komputer,dan ada teman yang ingin saya membahas Petunjuk Yang Berisi Cara Merawat Komputer.

Agar supaya perangkat komputer tetap baik,maka berikut ini kami akan membahas bagaimana cara merawat komputer yang benar agar tidak mudah rusak.

Tentunya agar komputer awet dan tahan lama,tidak hanya dari segi pemakaian yang wajar namun juga harus mempunyai proses perawatan.

Pada pembahasan kali ini,kami akan membahas dengan lengkap cara merawat hardware dan software komputer secara berskala.Agar perangkat keras komputer tetap sehat dan tidak mudah rusak.

Dan untuk permasalahan komputer/pc,silahkan cek masalahnya di 20 Macam-Macam Troubleshooting pada komputer/laptop Dan Cara Mengatasinya.

PERAWATAN KOMPUTER

A. PERAWATAN HARDWARE
1.  Usahakan tegangan listrik yang di suplay ke komputer dalam keadaan stabil.

Tegangan listrik yang terlalu rendah atau tinggi dapat mempengaruhi/merusak perangkat keras pada komputer.

Anda bisa gunakan UPS atau Stabilizer untuk menjaga agar hal tersebut tidak terjadi.

 2. Proses menghidupkan dan mematikan komputer harus sesuai prosedur pemakaian.Hindari mencabut langsung kabel power ketika komputer/laptop masih dalam keadaan menyala/beroperasi.

Syarat ini berlaku juga untuk komputer dalam keadaan hang,sebaiknya tunggu hingga komputer  kembali normal dan tidak hang lagi,lalu dapat di matikan.

Hal ini sangat berbahaya,di sarankan untuk di hindari sebab dapat merusak kestabilan bagi power suply komputer.

3. Hindarkan komputer dari sengatan matahari langsung,baik dalam keadaan menyala ataupun mati.

4. Jauhkan wadah air dan lain sebagainya,agar tercegah dari siraman air pada perangkat keras komputer.

 5. Hindarkan juga penempatan alat-alat yang memiliki unsur magnet dari dedakat komputer.

Hal itu dapat mengacaukan monitor dan juga dapat merusak perangkat keras internal unit  CPU.

 6. Bersihkn bagian-bagian komputer secara berkala,dari debu dengan menggunakan kuas cat atau sikat gigi,lap halus,dan alat penyemprot udara normal.

7. Bersihkan keseluruhan mainbord dengan alat pompa udara untuk membersihkan debu.terutama pada bagian soket memori,sebab jika soket memori kotor dan berdebu,maka memori/RAM tidak akan dapat bekerja dengan maksimal.

8. Bersihkan fan cooler CPU dan Heatsink menggunakan kuas halus dan alat pompa udara.

9.Lepas memori RAM dengan hati-hati,lalu bersihkan menggunakan lap halus secara perlahan.

10. Lepas power suply dan bersihkan dengan cara menyemprotkan udara melalui pentilasi udara power suply.

11. Bersihkan semua port-port eksternal yang ada pada mainboard.

12. Bagi yang menggunkan VGA Card ad on,lakukan pembersihan terutama pada heatsink dari debu.

13. Lakukan juga pembersihan pada permukaan keyword dari debu.

B. PERAWATAN SOFTWARE
Pemeliharaan terhadap software atau perangkat lunak pada komputer,merupakan tugas yang tidak dapat di abaikan.

Hal ini mungkin terdengar spele,namun dengan merapikan dan merawat perangkat komputer secara rutin dapat menjaga stabilitas atau bahkan dapat meningkatkan kinerja pada komputer.

Dibawah ini telah kami rangkum beberapa hal-hal dasar yang dapat dipelajari dan dilakukan agar anda sendiri dapat melakukan pemeliharaan.

Pemeliharaan Perangkat Lunak

1.Hidup dan matikan komputer anda sesuai prosedur yang benar,Baik itu OS anda merupakan Linux maupun Windows,lakukan selalu proses sutdown jika ingin mematikannya,agar ketika dihidupkan tetap baik dan tidak ada masalah dengan sistem operasi.

2.Gunakan Aplikasi bantu anti virus,dan lakukan scanning pada file-file komputer,baik itu Partition C:System Operasi maupun penyimpanan file seperti partition D,E,atau partition eksternal seperti flashdisk,lalukan secara berskala.

Hal ini diharuskan agar virus dapat terdeteksi lebih dini.Perlu diperhatikan bahwa dampak virus lebih besar saat anda berselancar internet,untuk itu gunakan antivirus yang dapat mendeteksi virus malware dengan baik.

3. Lakukan juga back up data secara berskala,Hal ini sangat berguna untuk menjaga keamanan data komputer,dan juga dapat mengurangi kapasitas penyimpanan media,agar lebih mudah ketika melakukan pendistribusian data ketika dibutuhkan.

4. Gunakan UPS dan Stavol untuk keamanan data.Jika sewaktu waktu aliran listrik padam,hasil pekerjaan anda mendapatkan waktu untuk tersimpan,seperti ketika anda sedang mengetik,ada waktu yang diberikan untuk anda menyimpan data lalu melakukan shutdown sesuai prosedur.

5. Melakukan penataan disk “Hard Disk Drive” secara rutin.Proses menghapus dan menulis pada penyimpanan disk dapat mengakibatkan dtruktur atau susunan file menjadi tidak teratur,untuk itu anda dapat menggunakan program bantu seperti defrag  maupun scandisk.

6. Disarankan agar tidak melakukan istalasi sistem aplikasi yang tidak anda butuhkan,sebab semakin padat sistem konfigurasi perangkat lunak pada sistem operasi,dapat menurunkan kinerja atau memperlambat komputer.

Menyehatkan Komputer

Pada poin ini kita akn menegaskan bahwa komputer tidak hanya harus bersih tapi juga harus sehat.

Caranya dengan melakukan perawatan menggunakan fasilitas yang sudah tersedia pada komputer.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Pilih ikon windows cari dan klik kanan pada ikom computer/my computer lalu pilih explore.

Klik kanan pada ikon hard disk drive C,lalu pilih properti.

Klik tab general dan akan terlihat kapasitas harddisk,baik itu yang sudah terisi maupun yang masih kosong.

Klik tombol disk Cleanup,maka komputer akan melakukan scanning pada semua file yang harus dibuang dari drive C (system Operasi).

Setelah itu akan muncul kotak dialog (Disk Cleanup For System C).

Centang pada semua kotak file for delete lalu klik OK dan Yes.

Kembali kekotak dialog properties harddisk drive,lalu klik tool,lakukan pemeriksaan apakah ada kerusakan atau tidak dengan mengklik “Check Now” pada menu eror cheking.

Pada kotask dialog chek disk system C,beri tanda centang pada kedua pilihan yaitu chek disk option lalu klik tombol start.

Sekarang anda tinggal menusun dan merapikan file di Hardisk Drive.Caranya balik ke kotak dialog Properties hardisk drive lalu klik tools,Defragment now.

Tujuannya adalahmengumpulkan file-file ke grupnya masing-masing,sehingga saat membuka aplikasi dan file jadi lebih mudah dan cepat.Tunggu hingga proses selesai.

KEAMANAN KOMPUTER

Keamanan komputer adalah dambaan bagi setiap pengguna,namun disebabkan beberapa faktor menyebabkan komputer jadi tidak aman,sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang biasa diajukan sehubung dengan hal-hal mengenai keamanan komputer.

1. Apa yang harus di amankan pada komputer?
2. Bagaimana cara mengamankan komputer?
3. Apa yang dimaksud dengan keamanan komputer?
4. Siapa dan apa saja yang patut diwaspadai terhadap keamanan komputer?

Dalam era komunikasi saat ini,melakukan tukar menukar data melalui satu jaringan maupun antar jaringan melalui internet,banyak masalah terjadi pada data-data penting pengguna yang disebabkan karena masalah keamanan,yang mengakibatkan hancurnya data-data penting.

Hal ini muncul bisa jadi disebabkan oleh kelalaian user/pengguna itu sendiri,namun lebih sering disebabkan karena ketidaktahuan user/pengguna akan bahaya keamanan.

Sistem Keamanan Komputer sangat banyak,namun secara garis besar terdiri dari 3 bagian :

1. Keamanan Interface User.Berkaitan dengan pemakaian secara bersamaan/bergantian atau seperti meminjamkan komputer pada orang lain.

2. Keamanan Internal Komputer.Berkaitan dengan keamanan perangkat keras “Hardware” dan perangkat lunak “Software”.Menjamin agar perangkat hardware tetat sehat,dan program tetap fresh dan data tetap aman.

3.Keamanan Eksternal.Berkaitan dengan hal-hal diluar komputer,sesuatu yang dapat membahayakan,seperti pihak yang tidak mempunyai hak akses,bencana alam,bencana dari sistem luar.

A.KEAMANAN PERANGKAT KERAS

Agar keamanan perangkat keras terjamin,perhatikan hal-hal berikut :

1. Jangan meminjamkan komputer anda pada rang yang tidak anda percaya
2. Adapun jika terpaksa,anda harus memberinya pengertian tentang batasan penggunaan,atau anda bisa mengawasinya langsung.

3. Lakukan semua langkah-langkah perawatan seperti yang telah kita bahas diatas.

B. KEAMANAN PERANGKAT LUNAK

Untuk keamanan pada perangkat lunak dapat anda lakukan pengaturan hal-hal tertentu,apa saja pengaturan itu?

Banyak pengaturan yang dapat anda jalankan untuk mengamankan perangkat lunak komputer,namun yang pastinya semakin banyak pengaturan pasti tingkat kenyamanan semakin berkurang.

Seperti memasang Firewell,jelas sistem anda akan jauh lebih aman,namun kenyamanan berkurang dikarenakan peringatan-peringatan tertentu,bahkan biasa Firwell melakukan pemblokiran pada aplikasi yang akan anda pasang,namun itu semua jelas demi keamanan sistem dan file pada komputer.

Tentukan sendiri tingkat keamanan yang anda butuhkan,seperti bagi anda pengguna dirumah/personal
Cukup menggunakan anti virus yang bagus dan melakukan pembersihan,serta melakukan pengoptimalan pengaturan keamanan,saya rasa sudah cukup.

Bagi kalian yang sekedar ingin jaga-jaga agar terhindar dari/akan terjadi  kerusakan sistem yang tidak diinginkan,bisa memilih beberapa opsi seperti dibawah ini :

1. Buat System Restore ,sistem restore berfungsi untuk mengembalikan sistem pada settingan diwaktu lampau,jadi ketika ada kesalahan sistem anda tinggal melakukan restore untuk kembali ke posisi semula.

2. Melakukan Back up pada registry Editor.

3. Sebelum melakukan setting pada sistem,usahakan anda mengetahui fungsi dan kegunaannya,agar sistem operasi tetap aman dan baik.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini mengenai Cara Merawat Komputer Secara Hardware Dan Software Yang Baik Agar Terhindar dari Kerusakan.

Jika ada yang mau ditanyakan ditanyakan atau mempunyai masukan seputar pembahasan cara-cara merawat komputer dengan baik,bisa langsung bertanya pada kolom komentar dibawah ini.

BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

7 Responses to "Cara Merawat Komputer Secara Hardware Dan Software Yang Baik Agar Terhindar dari Kerusakan"

  1. wah bagus nih nambah ilmu lagi

    ReplyDelete
  2. Kalo system restore itu buatnya dimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke control panel >>> Backup Dan Restore,nanti ikuti saja petunjuknya gan

      Delete
  3. ia gan semoga informasinya membantu

    ReplyDelete
  4. yang paling penting menjaga hardware dari kerusakan yang parah,
    makasih sudah share min.
    http://cody.id/produk/lcd-separator/

    ReplyDelete