==

5 TEKNOLOGI YANG AKAN MENGGANTIKAN PASSWORD

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Teknologi Yang Akan Tren di tahun 2017,nah untuk lebih lengkapnya saya telah merangkum juga untuk sobat 5 Teknologi Yang Bakal Gantikan Password.

Jelas hal yang tidak terpungkiri lagi,bahwa Password telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia,salah satu alasan utamanya digunakan sebagai alat pengaman perangkat.

Password masih merupakan sandi yang sangat dibutuhkan hingga saat ini,bagaimana tidak,Password digunakan untuk memastikan agar akun dan data yang pengguna miliki tidak bocor oleh orang dekat maupun Hacker sekalipun.

Dimana semakin rumit kombinasi paaword,maka makin aman pula login kita.Sangking rumitnya kombinasi password yang dibuat,biasanya pengguna sendiri justru lupa dengan passwordnya.

Sebab Hal ini,Perusahaan teknologi menyadari dan mencoba menggantikan password dengan menggunakan teknologi yang jauh lebih mudah.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa salah satunya adalah Fingerprint (Sidik Jari),yang digunakan  untuk menggantikan password sebagai identitas pengenal seseorang saat mengakses ponsel.

Tapi taukah sobat,bahwa pada sekarang ini ada beberapa teknologi yang dikembangkan untuk menggantikan Password?nah untuk lebih jelasnya berikut ada 5 teknologi yang telah dikembangkan perusahaan untuk menggantikan keberadaan Password sebagaimana Ciberkonawe.blogspot.com rangkum dari Business Insider,2017.


1. Selfie

Ide ini sudah cukup Poluler dan telah di uji coba oleh beberapa perusahaan teknologi.

Dimana perangkat ini dipakai untuk memotret wajah pengguna dengan menggunakan teknologi pengenal wajah.

Dengan teknologi ini,dapat dilihat dari kecocokan antara wajah yang dipindai dengan data yang telah disimpan perangkat.

2. Iris Scanning
Iris Scanning atau disebut pemindai iris pada bola mata,bermula hadir dari imajinasi yang tampil di dalam film-film,namun perkembangan teknologi membuat hal itu menjadi mungkin diterapkan dalam kehidupan nyata.

Untuk sekedar diketahui,iris mata pada manusia memiliki warna warni yang berbeda yang mengelilingi pupil.bisa pula dikatakan bahwa iris merupakan salah satu bagian unik yang berbeda pada setiap orang,jadi pada dasarnya iris bisa menjadi tanda pengenasl bagi seseorang.

Salah satu teknologi yang mengusung teknologi ini adalah Samsung Galaxy Note 7,jadi bagi sobat yang ingin mencobanya bisa dicoba melalui smartphone tersebut.

3. Pengenalan Suara
Pada sekarang ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan perangkat suara sebagai salah satu alternatif untuk mengautentikasi pelanggan mereka.

Perusahaan Bank HSBC merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan hal tersebut,yang memungkinkan pelanggan dapat login ke akun dengan menggunakan Pengenalan Suara.

Pengenalan suara juga bisa sobat coba pada aplikasi Tribe,Tibe adalah aplikasi berkirim video yang didukung dengan menggunakan fitur pengenalan suara.

4. Pembaca Bibir
Selain Pengenal wajah dan Pembaca Suara.Kabarnya bahwa sebuah tim ilmuan dari Hong Kong Baptish University itu telah menciptakan software pemindai yang mampu membaca bagaimana ketika seseorang mengucapkan kata-kata tertentu.

Bisa dibilang metode Pembaca Bibir,sangat ampuh.


Kenapa ampuh?sebab walaupun seseorang mengetahui kata-kata yang sobat jadikan Password,itu tidak akan berarti apa-apa jika tidak lakukan langsung oleh penggunanya sendiri.

5. Detak Jantung
Nah pada poin terakhir ini bisa dibilang sama dengan sistem Fingerprint (Sidik Jari),dimana detak jantung manusia itu berbeda satu sam lain.

Fakta ini membuat detak jantung bisa digunakan untuk memverifikasi identitas seseorang,dengan melalui pendeteksi electrocardiogram “EKG” yang tepat.

Nymi Band merupakan salah satu gadget yang telah mengimplementasikan sebuah wearable yang memonitor detak jantung penggunanya,untuk melakukan autentikasi.

Nah Dengan demikian,pengguna tidak perlu lagi mengetikkan password ke komputer,namun hanya dengan duduk disamping komputer menggunakan gelang Nymi Band,maka komputerpun langsung akan terbuka.

Nah gimana sobat,apakah kalian tertarik mencoba salah satu teknologi pengganti password?


Sekedar saran dari saya,jika sobat mempunyai banyak akun dan password pada berbagai perangkat maupun software,alangkah lebih baiknya jika dibuatkan databasenya,bahkan sekarang sudah ada beberapa aplikasi sebagai penyedia penyimpanan data-data penting anda seperti akun dan password.

BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

9 Responses to "5 TEKNOLOGI YANG AKAN MENGGANTIKAN PASSWORD"

  1. Beh mantep. Dengan perkembangan teknologi, password kini diperbaharui dgn sistem yg lebih ketat,aman dan unik. Gk kyk dulu, yg hanya mengandalkan huruf dan angka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia gan,sekarang sistem keamanan privasi kita lebih terjamin,hehe

      Delete
  2. Bakalan aman dari serangan hacker nih

    ReplyDelete
  3. Haa? Masa sih? Saya baru tahu nih gan. Kalau boleh tahu, jadiya password nanti udah gak digunakan lagi yah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih tetap ada gan,hanya sekarang sudah lebih banyak teknologi yang bisa digunakan untuk pengganti password

      Delete
  4. sekarang lagi jamannya finger print :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia gan,bahkan untuk absensi di pemerintahan dan instansi-instansi swasta juga dah make mesin absensi finger print

      Delete
  5. sepertinya selfie sudah ada ya, yang belum ada bibir...
    http://cody.id/produk/obeng/

    ReplyDelete