==

5 Dampak Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

Apakah sobat memakai Windows Bajakan?

Taukah sobat apa saja bahaya yang mengintai jika menggunakan windows bajakan?berikut saya akan memberikan penjeasan mengenai bahaya menggunakan windows bajakan.

Peredaran windows bajakan di Indonesia memang sudah sangat menjamur dan bahkan sulit diatasi.Pasalnya saat inipun windows bajakan sudah sangat mudah didapatkan.

Untuk sekarang ini sudah bisa ditemukan lewat toko software ilegal,download ilegal di internet,atau bahkan dengan meminjam instalan windows bajakan punya teman sobat.

Memang ya memakai windows bajakan bisa jadi hemat bajet karena tidak perlu beli software windows yang asli.

Tapi apa sobat tau bahwa dibalik nikmatnya menggunakan windows bajakan karena gratis,akan dapat bahaya yang lebih banyak.Jangan sampai karena sobat ingin untung malah mendapatkan masalah ke depannya.

Berikut Pro Teknologi Berikan Bahaya dan Dampak Negatif yang akan didapatkan ketika menggunakan windows bajakan.

5 dampak bahaya menggunakan windows bajakan

1. KOMPUTER TIDAK BISA DIGUNAKAN

Buat sobat yang sering menggunakan windows bajakan,pasti sering mendapatkan notifikasi “Activate Windows Now”, biasa juga muncul peringatan berupa wallpaper berubah jadi hitam,hal ini akan sangat mengganggu.

Hal itu terjadi karena windows bajakan yang digunakan tidak menggunakan aktifasi windows,bisa dibilang windows yang digunakan tidaklah sempurna.

Pesan tersebut berisikan pengingat agar sobat segera beli windows original.Perlu sobat ketahui bahwa salah satu resiko menggunakan windows bajakan yaitu membuat computer tidak bisa digunakan.

Seperti bagi sobat yang menggunakan windows XP.Windows yang menggunakan Genuine,dapat menyebabkan windows terkunci dan tidak bisa digunakan.

2. PELANGGARAN HUKUM

Buat sobat yang masih menggunakan windows bajakan,sebaiknya cepat cepat ganti yang asli,sebab UUD.

Hak cipta berlaku dan akan menjadi buronan polisi.Menggunakan software illegal tentu saja melanggar hukum,hal ini berlaku untuk semua Negara didunia,dan menjadi incaran oleh aparat penegak hukum.
Di Indonesia sendiri,penggunaan software bajakan tercantum dalam :

UNDANG-UNDANG HAK CIPTA  NO. 19 TAHUN 2002 

a) Penjara minimal 1 (satu) bulan dan/atau denda minimal Rp. 1000.000,- atau maksimal 7 (tujuh) tahun penjara dan/atau denda maksimal Rp. 5000.000.000,-. Jika anda, tanpa ijin dari pencipta atau pemegang hak cipta, menerbitkan atau menduplikasi suatu ciptaan ataupun memberikan ijin untuk melakukannya;

b) Penjara maksimal 5 (lima) tahun dan/atau denda maksimal Rp. 5000.000.000,- jika siapa saja,tanpa ijin dari pencipta atau pemegang hak cipta, menyiarkan atau memamerkan, mendistribusikan atau menjual suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta.

Jadi untuk pencegahan ,sebaiknya mengeluarkan sedikit uang untuk memebeli windows asli dari pada menggunakan windows bajakan tapi terkena UUD Hak Cipta.

3. FITUR TIDAK BEKERJA OPTIMAL

Menggunakan windows bajakan juga bisa membuat fitur tidak berjalan dengan optimal.Microsoft dalam sebuah study “Dangers Of Counterfeit Software Study 2013” Bill Gates mengungkapkan bahwa software bajakan tidak 100% serupa dengan software yang asli.

Ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan hanya pada versi original.Seperti pada windows 8,yang jelas ada beberapa fitur yang pengaturannya dikunci,seperti background untuk Layar sentuh,fitur Sync yang tidak dapat digunakan dan masih banyak lagi.

4. ANCAMAN VIRUS

Namanya saja bajakan,jadi pengamanannya sudah pasti sangat minim.Tanpa sepengetahuan sobat,virus mudah berkembang biak disoftware bajakannya yang minim sekali fitur keamanannya.Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tidak ada yang bagus dari sebuah virus,sebab diciptakan untuk merusak dan bahkan dapat menghiangkan data yang telah disimpan disebuah perangkat.

Sobat pasti tidak maukan jika tba-tiba harus kehilangan data penting seperti skripsi yang sudah capek-capek dibuat hanya karena terserang virus akibat menggunakan windows bajakan.

Lalu solusinya apa ya?

Perkuat sistem windows sobat dengan menggunakan anti virus terbaik yang original (bukan Bajakan) atau lebih baiknya lagi jika sobat langsung menggantinya dengan windows original.

5. BAHAYA HACKER

Lantaran minimnya sistem keamanan pada windows bajakan,tidak sedikit pula hacker secara leluasa melakukan pencurian informasi atau data-data pribadi dan lainnya yang bersifat rahasia.

Seperti kasus belum lama ini terjadi di internet,yaitu kasus penyebaran Virus Wannacry pada Mei 2017 lalu,dan sekarang sudah 150 Negara terserang virus ini.

Jika telah disusupi hacker,jelas menjadi ancaman yang berbahaya bagi data dan seluruh sistem pada computer yang kalian gunakan.Bahkan dalam beberapa kasus,hacker bisa dengan mudah melakukan pencurian uang dari sistem mereka.

Jadi demi menghindari bahaya hacker dan ancaman keamanan,lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk membeli windows yang asli sobat.

Itulah 5 Bahaya Mengintai Jika Sobat Menggunakan Windows Bajakan.

Jadi apa sobat masih menginginkan menggunakan windows bajakan,atau langsung insaf dan segera membeli windows yang asli?

Tulis tanggapan sobat dibawah dan berlangganan via email untuk informasi menarik lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan tambahan pengetahuan bagi sobat Pro Teknologi sekalian.


BERLANGGANAN ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pro Teknologi dibuat pada 22 Februari 2017. Blog ini adalah harapan saya agar dapat membagi manfaat kepada orang lain,berupa tips-tips Seputar Blog,Internet,Komputer,dan Info-Info Menarik lainnya.

0 Response to "5 Dampak Bahaya Menggunakan Windows Bajakan"

Post a Comment